Karya-karya Walt Disney Yang Harus Kamu Tau

Standard

Selama ini kita udah sering banget denger Walt Disney yang merajai perkartunan dunia. Sampe ada juga orang-orang yang terlalu banyak baca teori konspirasi yang seenaknya bilang kalau sebenernya Walt Disney punya misi buat bikin anak-anak sedunia terbius terus jadi bodoh gara-gara nonton kartun. Satu pesan dari kami: ya kaliii. Oke, buat nambah-nambah pengetahuan kamu, kamu, dan kamu soal film-film Walt Disney, kita mau kasih rekomendasi beberapa film Walt Disney yang enggak begitu populer di khalayak ramai, tapi begitu populer buat orang-orang tertentu yang emang suka dengan jenis film kaya gini. Ternyata Walt Disney enggak cuma seputar Mickey Mouse dan temen-temennya doang. Kami akan kasih tau lebih jelasnya!

1. Fantasia (1940)
Ini adalah film yang dibuat oleh Walt Disney pas dia ingin memperkenalkan jenis seni surrealis ke orang-orang. Makanya, di filmnya yang ini enggak ada jalan ceritanya. Yang ada cuma alunan musik dari orchestra yang dipimpin oleh Leopold Stokowski. Nah di film ini, kamu bakal tau kalau karakter Mickey Mouse yang pake topi biru, yang ada di The Sorcerer’s Apprentice itu awal mulanya dari tahun 1940 ini. Salah satu produksi Walt Disney yang beda banget sama film-film yang biasanya kamu tonton. Nih spoilernya:

2. Destino (2003)
Sebenernya film ini adalah uji coba lainnya dari Walt Disney buat memperkenalkan seni dengan genre surreal ke orang-orang. Makanya, di tahun 1945, Walt Disney mengajak artist surrealist paling terkenal sepanjang masa, Salvador Dali untuk ikut ke dalam proyek ini. Sayangnya, setelah 3 tahun, divisi ini ditutup karena menurut divisi lainnya di Walt Disney, yang mengurusi masalah uang, Walt Disney dengan tema surreal enggak menjual. Setelah berpuluh-puluh tahun hasil dari proyek antara Walt Disney dan Salvador Dali diabaikan, sepupu Walt Disney, Ron Edward Disney, akhirnya memulai kembali proyek ini dan menghasilkan Destino. Di karya ini, ada hasil karya tangan asli Salvador Dali yang bisa kamu nikmati lho. Menurut kami sih film pendek ini Dali banget!! Suka!! Nah, film pendek ini bisa langsung kamu tonton di link di bawah ini. Pesan dari kami, enggak usah terlalu banyak mikir soal alur ceritnya, nikmatin aja visualnya.

3. The Story of Menstruation (1946)
Selain membuat kartun-kartun lucu dengan jalan cerita yang pas buat semua umur, Walt Disney juga sangat concerned terhadap pendidikan dasar buat anak-anak lho. DI tahun 1946, Walt Disney membuat film yang khusus diproduksi buat ngajarin anak-anak cewek apa itu menstruasi, dan mesti gimana ketika menstruasi itu dateng. Diceritain dari awal kenapa bisa terjadi menstruasi di tubuh wanita, apa yang menyebabkan, dan sampe kegiatan apa aja yang sesuai kalau cewek-cewek ini lagi dateng bulan biar ngamuknya enggak kena ke semua orang. Sayangnya, film ini dilarang beredar. Padahal isinya edukatif banget dan enggak ada yang vulgar sama sekali. Kayanya pada jaman itu, pendidikan yang berbau seksual masih tabu banget. Makanya dilarang beredar. Nih, film yang durasinya cuma 10 menit-an itu. Selamat menikmati!

4. The Hobbit
Jauh sebelum The Hobbit dibikin versi 3D-nya sama Peter Jackson, Walt Disney udah memperkenalkan novel yang susah dibaca ini ke anak-anak sebagai campaign untuk membudayakan membaca di kalangan anak-anak. Nah, di sekitar tahun 1950an, Walt Disney ngebuat satu paket piringan hitam buat ngedengerin buku bergambar tentang The Hobbit ini. Sayangnya, produknya yang ini kurang lama ada di pasaran, meskipun laku, karena lebih laku lagi kalau Walt Disney-nya produksi dalam bentuk film dan animasi. Bisa buat koleksi nih produk Walt Disney yang ini.

5. Donald Duck – Der Fuehrer’s Face (1942)
Ya jelas aja film ini dilarang beredar. Lagi panas-panasnya perang dunia 2 tiba-tiba Walt Disney ngebuat film yang bercerita tentang gimana kalau Donald Duck jadi Nazi. Bagai memberikan alkohol di luka yang mengaga. Bikin orang yang sakit jadi teriak. Nih kalau kamu mau liat gimana jadinya:

Ngerti banget sekarang kenapa Walt Disney macam punya kehidupan sendiri? Kerajaan sendiri? Karena emang dia punya kehidupan sendiri banget sih! Enggak cuma seneng-seneng aja lewat kartunnya, tapi juga mengedukasi. Selamat mencari tahu!

SUMBER : http://www.nyunyu.com/rekomendasi/detail/karya-karya-walt-disney-yang-harus-kamu-tau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s