PERENCANAAN 39 : KOMUNIKASI

Standard

39. Komunikasi

Definisi :

1)      Adalah suatu pengaturan operasional yang dibuat sebagai bimbingan ke arah tercapainya suatu tujuan atau terciptanya berbagai tujuan secara berimbang.

2)      Adalah penerapan secara sistematis dari pengetahuan untuk mengontrol dan mengarahkan arah kecenderungan perubahan menuju kepada tujuan yang ditetapkan.

3)      Adalah usaha yang dilakukan secara sadar terorganisir dan terus-menerus, dilakukan guna memilih alternatif untuk mencapai tujuan tertentu.

MAKNA:

1)      Mengenali diri

2)      Mengenali apa/siapa yang sedang dihadapi

3)      Upaya pemecahan masalah untuk perbaikan

4)      Optimalisasi resources

5)      Bekerja/bertindak secara sistematis, terorganisir dan berkesinambungan

6)      Bekerja/bertindak secara transparan dan accountable.

7)      Measurable Step-by-step activity.

FUNGSI:

1)      Membantu lembaga/institusi menempanatkan diri pada posisi antara “Winner and Looser”.

2)      Membantu memfokuskan kegiatan/program/perhatian pada isu-isu yang dan alternatif/pilihan yang krusial.

3)      Membantu mengembangkan kerangka pikir strategis di antara top manajer dan para manajer pada tingkatan/level di atas maupun di bawahnya.

MANFAAT:

1)      Alat/instrumen evaluasi dan monitoring,

2)      Pedoman eksekusi/pelaksanaan program,

3)      Memudahkan pencapaian tujuan pengembangan,

4)      Sebagai “peta” penelusuran/pencarian masalah/kendala apabila ditemukan ada program yang tidak berjalan atau tersendat dalam pelaksanaanny.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s