PERENCANAAN 25. DANA PENSIUN

Standard

 

25. Dana Pensiun

Setiap orang harus mempersiapkan untuk saat itu ketika kita dapat bersantai dan menikmati hasil kerja selama ini. Orang yang telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk bekerja dan mendukung keluarga harus diberi kesempatan untuk bersantai kembali, melakukan apa yang telah lama kita ingin lakukan dan hidup sepenuhnya tanpa khawatir mengenai dukungan keuangan.

Tidak semua orang diberi kesempatan untuk menikmati pensiun tanpa khawatir tentang keuangan. Orang yang ingin menikmati pensiun mereka tanpa semua kekhawatiran harus mempersiapkan untuk masa pensiun mereka harus dimulai dari sekarang, ketika masih mampu menghasilkan uang dan bekerja keras.

Waktu terbaik untuk mempersiapkan pensiun adalah ketika seseorang masih cukup muda untuk merencanakan finansial selama periode dalam hidupnya ketika kita tidak perlu khawatir tentang pekerjaan atau menghasilkan banyak uang. Setiap orang harus memberi  hadiah kepada dirinya dengan paket pensiun yang tepat sehingga ketika saat itu datang, kita akan dapat pergi ke tempat yang ingin kunjungi tapi tidak memiliki waktu atau sumber daya. Atau mungkin, melakukan hal-hal yang kita tidak mampu lakukan sebelumnya karena terlalu sibuk mengurusi kebutuhan keluarga.

Perencanaan untuk masa pensiun harus diperlakukan dengan cara yang sama ketika merencanakan untuk berinvestasi untuk sebuah rumah atau mobil. Setiap orang harus menyisihkan sedikit dari penghasilan bulanan untuk disimpan dan digunakan untuk masa pensiun.

Rencana pensiun berarti dimana kita  tidak lagi perlu khawatir apakah memiliki keluarga untuk merawat ketika kita tua. Ini berarti tidak harus merasa takut bahwa anak-anak kita mungkin terlalu sibuk menjalani kehidupan mereka sendiri dan mereka akan menempatkan kita di rumah jompo!

Beberapa orang menganggap pensiun sebagai tahun terbaik dalam hidup karena tidak lagi perlu khawatir tentang bekerja keras dan memenuhi kebutuhan hidup anak-anak.  Bagi kebanyakan orang, pensiun berarti bebas dari hiruk-pikuk balapan tikus yang disebut sebagai kehidupan sehari-hari.

Mulai perencanaan masa pensiun dan berharap untuk hidup yang layak dijalani setelah kita berada di luar kesibukan sehari-hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s